Kajian Rutin Pancasila ke-1 (2016): Menjadikan Negara Berkedaulatan

Kajian Rutin Pancasila ke-1 (2016): Menjadikan Negara Berkedaulatan
29 June 2016 Comments Off on Kajian Rutin Pancasila ke-1 (2016): Menjadikan Negara Berkedaulatan Kajian Rutin Pancasila lab-pancasila

Oleh : Dr. NUR WAHYU ROCHMADI, M.Pd, M.Si


Keberadaan negara dalam kehidupan manusia adalah mutlak adanya
viagra 50 ou 100 mg. Manusia tidak bisa melepaskan diri dari negara, karena melalui negaralah kesejahteraan hidup manusia dapat terwujud. Permasalahannya negara yang seperti apa yang dapat mewujudkan kesejahteraan hidup manusia?

Salah satu indikator dari suatu negara yang mampu mensejahterahkan hidup manusia adalah memiliki kedaulatan. Kedaulatan mutlak harus ada dalam sebuah komunitas negara merdeka. Hal tersebut dikarenakan (1) kedaulatan merupakan kekuasaan tertinggi dalam suatu negara yang berlaku terhadap seluruh wilayah dan segenap rakyat dalam negara tersebut; (2) kedaulatan merupakan kekuasaan penuh untuk mengatur seluruh wilayah negara tanpa campur tangan dari pihak lain; (3) kedaulatan menjadikan suatu pemerintahan memiliki kendali penuh urusan dalam negerinya sendiri dalam suatu wilayah atau batas teritorial atau geografisnya; (4) kedaulatan menjadikan negara mampu menyelenggarakan kehidupan bernegara sesuai dengan tujuan negara yangbersangkutan; (5) kedaulatan menjadikan negara memiliki kemandirian dalam menyelenggarakan kehidupan bernegara; dan (6) kedaulatan menjadikan negara mampu mewujudkan tujuan negara dengan cepat.

Unduh Artikel Lengkap Menjadikan Negara Berkedaulatan

About The Author