Sarasehan Pancasila Vol.3 No.1 (2020) : Refleksi Pendidikan Kewarganegaraan di Taiwan

Sarasehan Pancasila Vol.3 No.1 (2020) : Refleksi Pendidikan Kewarganegaraan di Taiwan
14 February 2020 Comments Off on Sarasehan Pancasila Vol.3 No.1 (2020) : Refleksi Pendidikan Kewarganegaraan di Taiwan Sarasehan Pancasila lab-pancasila

Pengkajian tentang Pancasila tidak pernah terlepas dari perspektif bagaimana ideologi ini disosialisasikan melalui pendidikan. Di Indonesia, disiplin ilmu yang secara khusus menjadikan Pancasila sebagai subjek kajian utamanya dikenal dengan nomenklatur Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Berbeda dengan beberapa negara Asia lainnya. Malaysia menggunakan istilah Pendidikan Moral, sedangkan Taiwan menggunakan istilah Pendidikan Kewarganegaraan saja. Perbedaan nomenklatur ini jelas berdampak pada setiap tahapan pembelajaran yang diselenggarakan. Keunikan masing-masing negara pun menjadi hal yang menarik untuk didiskusikan bersama-sama. Pada Sarasehan Pancasila UPT P2P UM yang diselenggarakan pada tanggal 06 Februari 2020 dengan pemateri Ibu Lutfiah Ayundasari, S.Pd, M.Pd (Dosen Jurusan Sejarah FIS UM) dan moderator Deny Wahyu Apriadi, S.Ant., M.A. (Dosen Jurusan Sosiologi FIS UM) , Pendidikan Kewarganegaraan di Taiwan menjadi materi diskusi yang menarik perhatian para peserta. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para mahasiswa UM yang terdiri dari berbagai fakultas serta beberapa dosen MKWU menyampaikan pertanyaan berkaitan dengan implementasi Pendidikan Kewarganegaraan berdasarkan pengalaman pemateri saat menempuh perjalanan belajar di Taiwan. Secara umum, pemateri menyampaikan bahwasanya Pendidikan Kewarganegaraan di Taiwan lebih cenderung mendukung penguatan identitas masyarakatnya, sehingga secara tidak langsung dapat membentuk keterlibatan aktif dan nasionalisme yang tinggi.

 

(Artikel : Rista Ayu Mawarti, M.Pd – Dokumentasi : Candra Kurnia Putra, S.Pd)

About The Author